Menyusuri Jalan : Puncak Derajat Cipanas Garut.

Bandung. Hari libur merupakan waktu yang tepat untuk melepas lelah dan mencari kegiatan untuk merilekskan pikiran. Dan tempat yang menjadi pilihan MJ saat ini adalah Puncak Derajat Cipanas Garut.

Berjarak kurang lebih 50 km dari kota Bandung, Puncak Derajat Cipanas merupakan salah satu kawasan wisata air panas yang menyuguhkan pemandian air panas yang dikelilingi oleh hijaunya hamparan perkebunan yang sumber air panasnya diambil dari wilayah Gunung Guntur yang energi panas buminya juga ikut digunakan untuk penerangan Jawa Bali dengan pengelolanya dari perusahaan Chevron.

Akses jalan bagi pengguna kendaraan pribadi cukup mudah, dari Alun-alun Tarogong menuju jalan Samarang dan dari Samarang menuju arah Pasir Wangi belok di daerah Palnunjuk. Sementara bagi para pengguna angkutan umum cukup naik angkot satu kali dari terminal Guntur jurusan Pasir Wangi (Warna Putih-Orange).

Untuk masuk ke lokasi pemandian ini, setiap orangnya dikenakan biaya sebesar Rp 15.000,-/orang untuk menikmati fasilitas kolam untuk berendam maupun berenang. Sebagai tempat yang menyediakan air panas, semua sumber air yang ada di sini tentu saja panas, bahkan ketika MJ akan berwudhu untuk menjalan shalat, Air wudhu yang digunakan pun bersumber pada air panas (saat itu hati menjadi tergetar, ini panasnya air di bumi, bagaimana dengan panas air di akhirat kelak…).

Suasana di tempat pemandian cukup ramai, terutama di hari libur. Banyak orang yang beraktifitas di sini, mulai dari berendam, berenang, bermain prosotan, bermain flying fox, berfoto ria, atau hanya sebatas duduk-duduk di saung-saung yang sudah disiapkan untuk para pengunjung sambil menikmati suasana hijaunya perkebunan di sekitar pemandian yang ada. (saran MJ apabila datang ke lokasi seperti ini untuk tidak datang di hari libur apalagi di hari libur yang panjang, karena banyaknya pengunjung malah akan mengurangi kenyamanan berlibur di sini.

Jika sudah bosan berenang, pengunjung dapat melanjutkan wisata alamnya ke kawasan pertanian Pasirwangi, puncak darajat atau kawah Darajat. Di sana pengunjung dapat menikmati hamparan pertanian yang luas dengan suasana puncak.

Satu hal lagi, jika datang ke lokasi ini, untuk saat-saat sekarang datanglah di pagi hari, karena biasanya setelah lewat pukul 12.00 cuaca akan mulai tidak bersahabat.

Keep Safety Riding n Zero Accident

About these ads

About JalanBerkarisma

Mencoba berbagi

Posted on December 4, 2011, in Perjalanan and tagged , , , . Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. Kelihatannya cukup mmenarik . . .

  2. ane dh pernah om, tp sayang pas nyampe lgsg ujan gebret, capcay jdnya menikmati kabut putih sm dnginnya doank.
    btw i love this city :D
    sesuatu bangetttt

  3. darajattttttttttttt i am coming…..

  4. ada penginapannya? kalau ada sharing no tlpnya. Thanks

  5. Artikel yang menarik dan bermanfaat semoga Wisata di Garut bisa mengikuti kepopuleran kota Bandung sehingga bukan hanya Hotel di Bandung yang laku akan tetapi Hotel di Garut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 276 other followers

%d bloggers like this: