Apa dan Bagaimana Pajak Progresif… (1)

Bandung. Tentu sudah banyak yang mendengar tentang istilah pajak progresif, atau mungkin ada yang sama sekali tidak tahu tentang pajak progresif karena belum membayar pajak kendaraan ke samsat seperti MJ yang baru tahu setelah MJ membayar pajak kendaraan ke samsat beberapa hari lalu.

Nah kali ini MJ akan sedikit berbagi kepada masyarakat Jawa Barat tentang pemberlakuan pajak progresif di wilayah Propinsi Jawa Barat yang telah diberlakukan pertanggal 1 Januari 2012.

Pajak Kendaraan Bermotor Progresif adalah tarif pemungutan pajak kendaraan bermotor (PKB) dengan persentase yang naik dengan banyaknya  jumlah kendaraan yang dimiliki sebagai dasar pengenaan pajak. Sebagimana sesuai dengan brosur yang MJ dapat di Samsat, Payung Hukum untuk Pengenaan PKB Progresif di wilayah Jawa Barat adalah Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat No. 13 Tahun 2011Pasal 7 ayat (1) Point a, b, dan c. Untuk lebih lengkap mengenai PERDA bisa dilihat di sini

Pajak Progresif ini dikenakan dengan alasan untuk memenuhi rasa keadilan dan mempertimbangkan azas kemampuan lebih atas kepemilikan kedua dan seterusnya Kendaraan bermotor, masa punya lebih dari satu kendaraan bermotor pajaknya ingin sama, hehehehe. Alasan ini muncul mungkin kedepannya Pemerintah akan lebih siap dengan transportasi umum sehingga masyarakat tidak usah banyak-banyak membeli kendaraan bermotor.

Objek Pajak progresif ini adalah kendaraan roda 2 dan kendaraan roda 4 sedangkan yang menjadi subjek pajaknya adalah kepemilikan kendaraan pribadi lebih dari satu atas nama dan alamat yang sama.

Karena ituapabila kita memiliki kendaraan bermotor pribadi atas nama kita, dan sudah berpindah tangan dengan alasan jual beli atau hibah atau waris, kita harus segera melapor ke SAMSAT dimana kendaraan kita terdaftar/teregistrasi dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan ditandatangani pemilik diatas materai Rp. 6.000,- dengan dilampiri fotocopy KTP, serta akan dicatat untuk merubah status urutan kepemilikan kendaraan bermotorsebagai dasar perhitungan Pajak, hal ini juga untuk menghindari kita terkena pajak yang progresif atas ulah oknum yang masih memberlakukan KTP “TEMBAK”.

Keep Safety Riding n Zero Accident

About these ads

About JalanBerkarisma

Mencoba berbagi

Posted on Februari 24, 2012, in Bikers, Peraturan and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 319 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: