Tips Mengendarai Sepeda Motor yang Menggunakan Box

Bandung. Setelah beberapa tahun menggunakan sepeda motor yang memakai box ketika box dilepas tentu ada perubahan yang dirasakan, sepeda motor terasa lebih ringan, tetapi akhir-akhir ini MJ kembali menggunakan box sehingga perlu penyesuaian lagi dalam mengendarai si kuda besi dalam menyusuri jalan.

Box merupakan aksesoris tambahan yang banyak dipasang agar mempermudah kita ketika membawa akomodasi, kini tak hanya anak klub saja yang menggunakan box, hampir semua lapisan masyarakat juga menggunakan box sebagai aksesoris tambahan motornya. Dengan makin menjamurnya para pengguna box sedikit sekali yang menyadari atau mengetahui tentang bagaimana menggunakan sepeda motor yang menambahkan bos sebagai aksesorisnya. Berikut ini MJ akan seguhkan beberapa tips ketika kita mengendarai sepeda motor yang menggunakan box.

  1. Cek handling (Pengendalian) ketika membawa barang bawaan dalam box, caranya kendarai sepeda motor dalam jarak dekat untuk mengetahui cara mengendalikan sepeda motor cek kesetabilannya sebelum memulai perjalanan.
  2. Lebih eksta hati-hati ketika melaju di daerah yang basah/hujan serta berangin karena aksesoris box yang kita pasang sangat rentan/sensitif terhadap terpaan angin dari samping.
  3. Top Box dan box samping akan menambah lebar dari sepeda motor kita, lebih berhati-hati ketika kita berada di jalan yang lalu lintasnya padat jangan sampai kita menyenggol atau bahkan menyangkut pada kendaraan lain yang malah bisa menyebabkan kecelakaan.
  4. Kontrol Kecepatan Sepeda motor kita, terlebih ketika membawa barang yang banyak (full load) dalam box kecepatan max 100 km/jam atau jika ingin aman kecepatan berkisar di 80 km/jam.
  5. Jika perjalanan kita jauh (touring luar kota) sempatkan waktu untuk berhenti dan mengecek box serta bracket (dudukan box) dari kemungkinan kunci terbuka atau baut yang menjadi longgar, jangan lupa berhentilah di tempat yang aman untuk melakukan pengecekan atau mengencangkan kembali baut-baut yang longgar.
  6. Jangan pernah membawa barang-barang yang mudah terbakar, seperti cat kaleng, bahan bakar, pematik api di dalam box karena box yang tertutup rapat apabila berada di bawah terik matahari suhu udara di dalam box bisa lebih panas ditambah dengan guncangan selama perjalanan maka ledakan dari bahan yang mudah terbakar akan sangat mungkin terjadi.

Demikian tips ketika membawa kendaraan yang menggunakan box berdasarkan pengalaman pribadi dan sebagian MJ kutip dari owner manual box givi.

Keep Safety Riding n Zero Accident

About these ads

About JalanBerkarisma

Mencoba berbagi

Posted on Juni 25, 2012, in Bikers, Modifikasi, Perjalanan, Tips and tagged , , , . Bookmark the permalink. 18 Komentar.

  1. (full load) dalam box kecepatan max 100 km/jam atau jika ingin aman kecepatan berkisar di 80 km/jam.
    ———————————————————————————
    kalo batasannya begini udah ane buang kali BOX ane, wkwkwkwkwkwk..

  2. nice oom, saya tertarik pakai boks nih :wink:

    • ok sip mas bor….. yang penting ukuran boxnya yang seimbang dengan motor…. jangan pake beat tapi boxnya maxia… waduh… mending dishodaqohkan sama MJ tuh boxnya… kasian motornya. heheheheheh

  3. Yeah artikelnya kerenn mas bro… cukup membantu yang newbie make box nih :P

  4. Hi bikers!

    Let me introduce myself, I’m a management student from The Netherlands who loves bikes and currently owns a Ducati Monster 696.

    As a part of my academic path, I am working on a research project on motorcycles in Indonesia. Particularly I would like to understand what kind of people own motorcycles in Indonesia.

    For this purpose, I am kindly asking the users in this forum to complete a five-minutes online survey. It’s going to be very easy and it would mean a great help to me and my work.

    So if you live in Indonesia and you own one or more motorcycles, please, click on the link below and answer the questions.

    http://kwiksurveys.com?s=MCODNG_2ff14147

    And ride safely ;)

    Talitha S.

  5. ikut menambahkan informasi, bagi riders yang sedang mempertimbangkan menggunakan sidebox, jangan pernah berpikir menjadikan top box menjadi side box, biasanya hal ini banyak dilakukan dengan alasan membeli 2 topbox lebih murah daripada sepasang sidebox (topboxnya givi type e 20, kalo ga salah harganya 550 rb per unit, kalo dikali dua hanya 1,1 jt, cukup jauh harganya dibanding givi e21 yang mencapai harga 1,6jt), dan bisa muat barang lebih banyak.

    secara dimensi memang bisa memuat barang yang lebih besar, namun beban max-nya ya sama saja, hanya 3 kg

    dari segi penampilan pemakaian box salah tempat ini akan membuat motor anda oversize

    dari segi handling, lebar box yang lebih lebar dari setang motor anda tentu akan menyulitkan anda bermanuver diantara kendaraan karena tidak ada patokan nyata apakah ruang yang ada masih cukup untuk anda lewati. dan jika anda berencana trip ke tempat tempat yang mempunyai areal parkir atau jalan masuk tempat parkir yang pas-pasan dijamin anda pusing untuk memarkirkan motor anda (sering terjadi pada saya, padahal saya menggunakan sidebox k21)

  6. pengen pasang box tp blum kesampaian
    (dananya :mrgreen: )

    • silahkan ditimbang2 dulu….. pasanglah box kalau memang itu sudah perlu dan ada manfaatnya jangan hanya sebatas gaya….

    • yups..
      kalo saya ngelihatnya dari sisi fungsional. Karena motor sport yg joknya gak bisa dibuka kaya punya saya pasti repot.
      mesti bawa2 tas ransel buat nyimpen jas hujan, toolkit sama parts cadangan..

  7. blom butuh box…kalo turing bawa ransel aja…baju secukupnya + toolkit…kalo baju kurang tinggal beli di perjalanan

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  8. tips yang menarik , emang harus dipikirin tuh kalo kita mau pake box di motor kita , apa lagi kalo mau parkirin motor ,,..
    trus , pake box juga lebih aman dan ringkas kalo mau touring bawa2 barang bawaan … safety deh .

  9. Mas bro… Spd mtr saya tiger revo thn 2011. Saya memakai aksesoris box belakang kok setir saya bs jd oleng sndr ya? Kones nya pun saya ganti baru kok tetep saja bgt y? Thanks infonya

    • Penambahan aksesoris tentu akan berpengaruh pada kendali stang…. biasanya alternatif penanggulangannya sesuai pengalman adalah penambahan ukuran ban atau menaikkan shock belakang atau menurunkan shock depan agar center of grafity atau titik berat sepeda motor kembali ke tengah

  10. iya,,, pake box emang jadi stang oleng,,, itu karna berat blakang,,,, jadi harus di sembangi dari berbagai sisi saja,,, dan kembali lg gmn kita bawa motornya aja,, kewaspadaan dan kehati-hatian yg paling pnting,,,

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Safety First !!!

Seputar Dunia Roda Dua, Roda Empat & Wisata

Blog Gandem!

Personal Blog sederhana hasil migrasi dari Bango's Blog di blogger

Iwanbanaran.com | All About Motorcycles

Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

Sing Indo

Automotive, Sport, Travel, Photography, Food & Health (Available in various languages. Please refer to the translator widget)

RingPiston

MotoNews

SAiiSOKU

Coretan Tentang Roda Dua

sijidewe's blog

Blog otomotif | Gadget | Tekno | Networking | Tips & Trik | News

-

geblegtempe bersinar

Potret Bikers.com

Segala sesuatu tentang Otomotif, Photography, gadget, kuliner, dan tempat wisata.

Caffe Motor Indonesia

Indonesian Motorcycle Culture | Cafe Racer | Classic Motorcycle | Kustom Kulture | Street Fighter | Bobbers | Japstyle | Choppy Cub | Event | Profile | Custom Bike | And Many More

roda dua blog

Utamakan Selamat|Motor|Militer|Seluler|Kuliner

motorrio

Riding is my life

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

prestigesotomobile

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

ALMEIRA ZAHRA

follow me @almeira_ID

Ardiantoyugo

Night Riding | Motorcycle | Travelling | Product Review | Tips and Trik | The Story of My Life...

PEYSBLOG

Berbagi Cerita, Sketsa dan Analisa

Ferboes.com

Serba-Serbi Ikan Hias & Otomotif

Achirul Personal Blogs

Cerita OTOMOTIF dari DESA dalam beberapa EDISI

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 339 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: