Biaya Mengganti Rem Belakang Karisma Menjadi Cakram

Bandung. Banyak sekali yang bertanya kepada MJ baik secara langsung, lewat komentar di blog, maupun secara PM mengenai budget yang harus dikeluarkan ketika akan mengganti sistem rem belakang Karisma dari shoe brake menjadi sistem cakram. Karena itu untuk saat ini MJ mencoba mencari kesana-sini serta bertanya ke beberapa tempat penjual part agar pertanyaan teman-teman semua bisa terjawab.

Untuk merubah sistem pengereman dari sistem drum brake atau shoe brake menjadi cakram karena MJ tidak mau ribet atau nantinya harus papas sana potong sini maka pilihan MJ jatuh kepada Cakram belakang milik Supra X 125 meskipun sebelumnya banyak yang yang menyarankan pakai punya satria dan modif dari sepeda motor jenis lain.

Pilihan pada Supra X 125 ini disebabkan karena Karisma dengan Supra X 125 merupakan saudara yang kembar sehingga beberapa partnya masih bisa dipakai tanpa merusak atau mengganggu part yang lainnya. Berikut ini beberapa part yang diperlukan beserta harganya sebagai gambaran bagi rekan-rekan yang ingin merubah sistem pengereman pada karismanya.

Harga berdasarkan HET Honda Geanuine Part

Total budget ini perlu diingat jumlah total yang ada masih bersifat ++ (tidak tepat sejumlah tersebut) karena adanya pengeluaran seperti untuk membeli baut dan mur atau air kopi untuk menemani proses modif atau malah kurang jika ada diskon. Atau jika ingin melakukan tambahan lain seperti yang MJ lakukan yaitu mengganti sekalian Velg belakang dengan milik supra sehingga diperlukan part tambahan lain yaitu rumah gear serta MJ menggunakan knalpot bawaan supra agar terlihat lebih sporty dibandingkan knalpot sebelumnya yang berdampak pada peningkatan budget. Kalau MJ sendiri budget yang MJ habiskan waktu mengganti cakram yaitu 1,9 jt itu sudah termasuk Master Rem, Kaliper, Cakram, pedal, as standar, velg CW, Step Belakang, knalpot, plus biaya pasang.

Modif boleh saja selama mengikuti peraturan dan tidak merugikan orang lain.

Keep Safety Riding n Zero Accident.

About these ads

About JalanBerkarisma

Mencoba berbagi

Posted on September 3, 2012, in Modifikasi and tagged , , , . Bookmark the permalink. 27 Komentar.

  1. teramat sangat mahal

  2. pasaran karisma cm 5-6jt,modif rdb aja sampe 1,5jt hadeghhhh modif gak sesuailah namanya.

    • modif tapi gak sesuai ama nilainya

    • tapi sesuai dengan manfaatnya karena drum brake yang sebelumnya nempel sudah tidak layak dan sering ada trouble…. jadi daripada melakukan perbaikan yang tak kunjung selesai akhirnya di ganti deh dengan disk brake yang saat itu karena pake part dari sana sini total biaya yang dikeluarkan 1,9 jt itu sudah termasuk knalpot supra dan velg CW depan belakng punya supra… jadi tidak terlalu mahal rasanya…..

  3. betul itu klo hobi ga ada kata mhl yg pntg hti senang

  4. 1 set rem cakram blakang motor… ane jual… orisinil…serius hub 085711809052

  5. Waoww suNGGuh fantastis harga.x

  6. mahalx….terlalu mahal itu

    • itu harga per part jika kita beli secara ori…. pilihan diserahkan kembali kepada kita…. tergantung dari pintarnya kita memilih part yang pas anak dan aman…

  7. tu pake velg supra??

  8. kalo untuk blade 2009 kira2 berapa gan biayanya?
    td saya liat ada blade 2009 pake cakram rem blkngnya, velg+swim arm masi ori, kira2 itu cara pasang caramnya gmna ya?

  9. wah ini mah part ORI semua pantesan Mahal, tapi apakah harus ganti swing armnya ya?

    • hanya acuan saja kalo pake part ori, sebagai gambaran kasar… kalo pake part bukan yang ori tentu bisa lebih murah… bisa sih kalau tidak diganti juga tetapi harus di modif di beberapa titik…

  10. Itu pasang swing armnya di stel atau tidak..?

  11. Gan bisa bagi no hpnya kh,gue juga mau pasang nih cakram di motor Revo R..

  12. Irvan Pramadika Ramadhan

    Kalo di Bengkel Honda boleh ga sih gantinya?

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 322 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: