Mengenal Angka Oktan…

Bro n sis…. di hari libur ini MJ ingin bagi-bagi sedikit pengetahuan MJ, kali ini MJ akan bahas mengenai Oktan. Tentu bro n sis pasti sering dengar istilah oktan atau istilah RON ketika akan mengisi bahan bakar. ada RON 88 (bukan minuman mineral yah), 92, 95 dll.

Angka Oktan atau RON (Research Octane Number) adalah suatu angka yang menunjukkan ketahanan bahan bakar terhadap kompresi di dalam ruang bakar tanpa dia meledak sendiri bro n sis.

Kembali mengingat-ingat ilmu ketika sekolah dulu nih bro n sis… nolmalnya, untuk mesin bensin campuran bahan bakar dan udara ini baru boleh terbakar setelah ada percikan api dari busi, dengan demikian pembakaran akan diatur pada waktu yang tepat supaya nantinya didapat energi yang tepat entuk menjalankan mesin.

Kemudian hubungannya dengan nilai oktan, jika bahan bakar yang digunakan lebih rendah dari yang disarankan maka bahan bakar akan meledak sendiri sebelum waktunya (akhir langkah kompresi) akibatnya nanti terjadi tabrakan antara ledakan bahan bakar dengan langkah kompresi biasanya orang yang sering berhubungan dengan mesin akan menyebutnya dengan istilah “ngelitik” atau bahasa tekniknya knocking. Jika efek knocking ini terus dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, tidak menutup kemungkinan nantinya piston menjadi rusak.

Nah untuk bro n sis sebagai patokan saja dari MJ bahan bakar apa yang lebih tepat untuk motor bro n sis jika kita melihat nilai oktan vs rasio kompresi (bisa bro n sis baca di buku pemilik kendaraan berapa rasio kompresi motor bro n sis).

Semoga bermanfaat

Keep Safety Riding n Zero Accident

9 thoughts on “Mengenal Angka Oktan…

  1. stevant

    Walah ketinggian boss oktannya….kompresi 8:1 – 9:1 masih boleh nenggak oktan 88-90 kompresi 9:1-10:1 masih boleh nenggak oktan 91-92, diatas 10:1 – 11:1 udah harus nenggak oktan 93-95 (catet ya itu yg punya vario sama ninja) 🙂

    Suka

    Balas
  2. ninja150ss

    woghh tp koq dibuku manual ninja 150 ane disarankan oktan 91? pdhl kompresi cm 6,9 : 1 lho!!
    entah mn yg bener,yg penting ane cekokin oktan 92 aja,isi oktan 88 klo pas tgl tua/kpepet aja.

    Suka

    Balas

Mangga..... Komentarnya...